DP3AKB Cilegon Roadshow Kampung KB

0

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Cilegon melakukan roadshow Kampung KB di Lingkungan Pasir Angin, Kelurahan Cikerai, Kecamatan Cibeber, Senin, (12/2). Hal tersebut merupakan kali pertama, sekaligus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala DP3AKB Kota Cilegon, Heni Anita Susila mengatakan, roadshow kampung KB ini merupakan yang pertama, rencananya akan mengunjungi lingkungan lainnya yang di tunjuk sebagai kampung KB.

“Ada sembilan kampung KB, nanti kita akan roadshow, untuk pertama kita ini kita ke wilayah Kelurahan Cikerai dan Lingkungan Pasir Angin ini di tunjuk sebagai kampung KB,” ujar Heni.

Menurut Heni, Pembentukan kampung KB tersebut merupakan program dari pemerintah pusat, sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. “Kalau program P2WKSS itu lingkupnya satu kelurahan, tetapi kampung KB ini hanya satu RW saja, ini lebih memudahkan dalam melaksanakan pembinaan-pembinaan,” katanya.

Menurutnya, untuk memaksimalkan program kampung KB ini, pihaknya membentuk pokja di setiap kampung KB. “Kita membentuk pengurus Pokja dengan melibatkan tokoh masyarakat dan para kader,” terangnya.

Heni juga mengungkapkan, terdapat beberapa indikator dalam menentukan sebuah wilayah itu di pilih sebagai kampung KB, salah satunya ditentukan dengan melihat angka peningkatan partisipasi aseptor KB warganya masih rendah atau tidak.

“Yang utamanya partisipasi warganya dibandingkan kampung lainnya paling rendah peningkatan partisipasi sebagai aseptor KB, karena mereka susah untuk di ajak ber KB,” terangnya.

Sementara itu, Lurah Cikerai, Astari mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Dinas terkait dan tentunya untuk Pemerintah Pusat yang membuat Program KB tersebut. “Semoga dengan diadakannya KB bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama di Wilayah Kelurahan Cikerai ini,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Yessy Yunita mengatakan, dengan diadakannya Program KB tersebut merupakan salah satu cara untuk meningkatkan Kesejahteraan masyarakat juga.

“Saya sih berharap dengan adanya Program KB ini bisa membantu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Cilegon,” ujarnya.(Kurais)

Facebook Comments
torabika