Diskominfo Garda Utama Mewujudkan E-Governmet Terintegrasi

[BbsNews.Co.Id] Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) diakui merupakan leading sektor atau garda utama dalam mewujudkan e-government terintegrasi, baik pada tatanan provinsi maupun kabupaten/kota di Indonesia.

Untuk itu, pihaknya meminta seluruh staf di lingkungan Diskominfo Papua agar mampu dan siap mendukung komitmen pemerintah, dengan meningkatkan kemampuan di bidang infrastruktur serta aplikasi teknologi informasi dan komunikasi.

“Sekaligus menyiapkan segala perangat dan regulasi di masing-masing wilayahnya,” terang Gubernur Papua Lukas Enembe dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Bidang Umum Setda Papua Elysa Auri, pada Forum Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten/Kota se Papua, di Jayapura, Rabu (17/5).

Dia mengatakan, pemerintah provinsi saat ini sedang berbenah menuju pada tatanan e-government yang terintegrasi sebagai wujud peningkatan pelayanan kepada publik. Dilain pihak, telah dilakukan terobosan dan inovasi diantaranya, menyusun regulasi terkait tata kelola teknologi informasi.

“Dengan harapan, dapat diwujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, transparan dan partisipatif. Sehingga akan mampu meningkatkan pengelolaan pelayanan yang mudah diakses secara luas oleh masyarakat,” tutur Gubernur.

Lanjut dia, implementasi e-government juga untuk diharapkan menjembatani pelayanan antara pemerintah dengan pemerintah (G2G), pemerintah dengan unsur usaha (G2B) serta pemerintah dengan masyarakat (G2N).

“Sebab setiap kebijakan, diharapkan dapat diterima oleh semua pihak dengan tepat dan cepat serta terdokumentasi dengan baik. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 12 tahun 2008,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur berharap melalui kegiatan forum Diskominfo ini, diharapkan mampu tercapai penerapan sistem informasi dan teknologi informasi yang lebih handal. Dilain pihak, mampu tercipta satu model saluran pelayanan dengan teknologi digital baru, guna meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelayanan.

Lukas juga berkeinginan muncul konsep bersama antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota dan didukung oleh pihak terkait.Serta hadir sebuah inovasi dalam pembangunan maupun pengembangan teknologi informasi komunikasi di Bumi Cenderawasih. (PPA)