Disdukcapil Berikan KIA untuk 289 Anak Panti

0

Bbsnews, Tangsel – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tangsel bersama Yayasan Institut Kewarganegaraan Indonesia (Yayasan IKI) memberikan 289 Kartu Identitas Anak (KIA) dan akta kelahiran kepada anak-anak Panti Asuhan (PA) Mekar Lestari, PA Pintu Elok, PA Tunas Mahardika, PA, Suaka Kasih Bunda, dan PA Padang Gembala, dan PA Abhimata.

Acara penyerahan akta lahir berlangsung di PA Abhimata di kawasan Bintaro Sektor IX, Kemarin Kamis (18/10).

Kepala Dinas Dukcapil Kota Tangerang Selatan Dedi Budiawan mengatakan KIA adalah kartu identitas anak sebagai pemenuhan kewajiban kepemilikan identitas bagi setiap penduduk termasuk anak-anak yang berusia di bawah 17 tahun, untuk menjaga agar terlindungi hak-hak mereka sebagai warga negara.

Dedi menjelaskan Pemerintah Kota Tangerang Selatan merupakan kota pertama di Indonesia yang bebas surat Keterangan (Suket) pengganti KTP-el untuk kategori kota dengan jumlah penduduk lebih dari satu juta jiwa. “Hal ini yang menjadikan pencetakan KTP-el sehari jadi,” katanya.

Disdukcapil Berikan KIA untuk 289 Anak Panti

Program KIA merupakan wujud partisipasi dalam mendukung Kota Tangsel sebagai kota layak anak, dan Dinas Dukcapil menjalin kerjasama dengan bank pemerintah dan perusahaan swasta berskala nasional untuk mendapat harga khusus kepada anak pemegang KIA.

Dia menjelaskan, manfaat KIA antara lain sebagai tanda pengenal atau bukti diri yang sah, sebagai persyaratan pendaftaran sekolah, untuk transaksi di bank pemerintah dan PT Pos Indonesia, untuk pelayanan kesehatan di puskesmas atau rumah sakit gratis di RSUD Tangerang Selatan, untuk pembuatan dokumen imigrasi, untuk mengurus klaim santunan kematian, mencegah terjadinya perdagangan anak.

“Kami sangat terbantu dengan hadirnya Yayasan IKI untuk membantu dan memfasilitasi pencapaian terpenuhinya akta kelahiran di Kota Tangerang Selatan. Kami mengapresiasi kerja-kerja pengurus panti asuhan dalam membantu anak-anak mendapat kemudahan,” kata Kepala Dinas Dukcapil tersebut.

Ketua IKI, KH Saifullah Mashum saat acara penyerahan akta lahir dan KIA tersebut mengatakan “Akta lahir dan KIA ini adalah amanat UUD 1945. Kami berharap Pemerintah Kota Tangerang Selatan juga dapat menanggung iuran biaya BPJS Kesehatan bagi anak-anak di panti asuhan.”katanya.

(red/humas_kominfo)

Facebook Comments
torabika