Diiringi Sholawat, Pembagian Sembako Yayasan Masjid Al-Ikhlas BSD Berlangsung Tertib

Diiringi bacaan sholawat nabi, sekira seribuan warga kurang mampu yang berasal dari sekitaran wilayah BSD Serpong berbaris mengular dengan tertib untuk menerima paket sembako dari Panitia Kegiatan Program Sedekah 1000 paket sembako Yayasan Masjid Al-Ikhlas, sektor 1-6 BSD, Sabtu (12/5).

Sedari pagi, mereka yang hadir dengan antusias memadati pelataran masjid Al-Ikhlas untuk mengikuti rangakaian acara yang digelar panitia. Warga yang mayoritas kaum ibu-ibu itu terlihat antusias mendengarkan tausiyah dari Ustadz H.Arifin Nugroho yang sengaja diundang panitia penyelenggara.

Tausiyah yang disampaikan secara interaktif itu membuat para jamaah merasa nyaman mendengarkan, ditambah lagi dengan beberapa pertanyaan mengenai arti dari keberkahan.

“Ibu-ibu yang bisa menjawab pertanyaan saya nanti akan diberikan hadiah tambahan,” kata ustadz Arifin.

Para jamaah nampak begitu menyimak pertanyaan yang dilontarkan sang ustadz. Dengan polosnya tiga orang perwakilan jamaah memberanikan diri menjawab pertanyaan tersebut. Penyampaian tema yang menarik membuat waktu satu jam berjalan tak terasa.

Sebelum mengakhiri tausiyanya ustadz Arifin juga berpesan kepada para jamaah yang terdiri dari kaum fakir miskin, yatim dan duafa selaku penerima paket Sembako untuk bisa tertib mengikuti petunjuk dan arahan dari pihak panitia.

Sungguh luar biasa! Kesigapan panitia untuk mengatur pembagian paket sembako berjalan sesuai harapan. Para jamaah yang sebelumnya duduk rapi didalam tenda, dipanggil sesuai nomor abjad antrian. Selanjutnya mereka membentuk satu barisan memanjang secara tertib dan berjalan pelan menuju masjid untuk menerima paket sembako yang sudah disiapkan.

Untuk menghindari pemberian dobel, mereka yang sudah menerima juga diharuskan mencelupkan jarinya dengan tinta biru sebagaimana pelaksanaan pencoblosan suara di TPS saat Pemilu.

Senyum sumringah, terlihat dari wajah ibu-ibu yang telah menerima paket sembako, salah satunya Ibu Ida(50) dan Ibu Maemunah (62) warga Rawa Buntu yang sejak pagi sudah datang untuk bisa mendapatkan paket sembako.
“Alhamdulillah, bisa untuk membantu meringankan kebutuhan sehari-hari. Apalagi sekarang barang-barang serba mahal,” kata Maemunah yang baru saja menerima paket sembako dari panitia. Selain Ida dan Maemunah, warga kurang mampu lainnya nampak begitu senang bisa membawa pulang paket kebutuhan sehari-hari berupa beras, minyak goreng, terigu, gula, dan yang lainnya.

Ketua Panitia Kegiatan, Ny. Vivi Ali menjelaskan bahwa, kegiatan sosial berupa pemberian paket sembako merupakan program rutin yang dilakukan Majelis Taklim Al-Ikhlas. Dikatakannya, kepanitiaan yang didominasi oleh kaum ibu-ibu muslimah Al-Ikhlas itu bekerja dengan ikhlas sepenuh hati untuk bisa mencari donatur selama sebulan penuh.

“Alhamdulillah, dengan pertolongan Allah, semua rencana kegiatan kita berjalan lancar, dan target untuk pengumpulan 1.000 paket sembako juga terlaksana,” kata Vivi.

Sebelumnya, sambung Vivi, yayasan masjid Al-Ikhlas memberikan seribu mukena, tahun ini dilihat dari kebutuhan pihak panitia memutuskan untuk memberikan paket sembako karena memang sangat dibutuhkan oleh warga setempat yang kurang mampu.

“Kegiatan ini kami rangkai dengan tabligh akbar lebih dulu agar warga dapat banyak ilmu tentang agama, jadi kalau paket sembako itu sebagai bonus saja,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Al-Ikhlas, Budi Sugirahardjo menambahkan disamping kegiatan sosial, yayasan Al-Ikhlas BSD juga terus melakukan pengembangan program mulai dari pendidikan hingga kesejahteraan umat.

“Disini ada juga TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) yang sudah berjalan hanya memang peminatnya masih kurang,” kata Budi.

Program lainnya, sambung Budi, yakni berupa pengembangan ekonomi melalui Toko Ikhlas Mart sebagai usaha yayasan, hanya saja perlu lebih dikembangkan agar umat mau berbelanja.

“Kedepannya kami akan menyediakan paket kebutuhan sehari-hari warga. Jadi barang-barang yang dijual pun disesuaikan dengan kebutuhan mereka agar perputaran ekonomi di Ikhlas Mart berjalan bagus,” pungkasnya. (mam/yes)

Facebook Comments
torabika