Diduga Tidak Berizin, Peleburan Almunium Menyebabkan Karat Pada Tiang Listrik Sekitar.

oleh

[BbsNews.Co.Id] Pencemaran udara merupakan salah satu kerusakan lingkungan, berupa penurunan kualitas udara karena masuknya unsur-unsur berbahaya ke dalam udara atau atmosfer bumi. Unsur-unsur berbahaya yang masuk ke dalam atmosfer tersebut bisa berupa karbon monoksida (CO), Nitrogen dioksida (No2), chlorofluorocarbon (CFC), sulfur dioksida (So2), Hidrokarbon (HC), Benda Partikulat, Timah (Pb), dan Carbon Diaoksida (CO2). Unsur-unsur tersebut bisa disebut juga sebagai polutan atau jenis-jenis bahan pencemar udara.

Masuknya polutan  ke dalam atmosfer yang menjadikan terjadinya pencemaran udara bisa disebabkan dua faktor, yaitu faktor alam dan faktor manusia. Penyebab pencemaran udara dari faktor adalah alam contohnya adalah aktifitas gunung berapi yang mengeluarkan abu dan gas vulkanik, kebakaran hutan, dan kegiatan mikroorganisme. Polutan yang dihasilkan biasanya berupa asap, debu, dan gas.

Seperti Peleburan Almunium di kampung Ranca Balok Rt. 06/07 Desa Cukang Galih Kecamatan Curug Kab. Tangerang yang di duga asap pembakaran mengandung zat asam yang mengakibatkan terjadiya karat pada tiang listrik sekitar, dan terlihat tiang listrik yang sudah berkarat dan berlubang sudah lebih satu tahun belum juga diganti oleh PLN Sekitar.

sekitar 7 tiang listrik yang sudah berkarat berumur Kurang Lebih 5 tahun dan salah satu tiang listrik sudah pernah di ganti sekitar 2 tahun lalu namun tak lama berkarat.

“sudah pernah diganti tapi sudah berkarat lagi, seharusya jangan di ganti dengan besi tapi dengan tiang beton.” Terang warga sekitar yang tidak mau disebutkan namanya.

Jika dibandingkan dengan desa yang jauh dari peleburan almunium, tiang listrik jauh lebih awet dan tidak cepat berkarat. sangat di kawatirkan jika dugaan karat dikarenakan asap peleburan almunium didesa ranca balok benar, maka tiang Sutet (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi) sekitar peleburan juga akan karat dan berbahaya bagi masyarakat sekitar. (Bung MG)