Data Rekening Nasabah Bank Bisa Diintip, Setujukah Anda ?

oleh

sekarang, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak memiliki kewenangan untuk mengakses informasi keuangan termasuk rekening nasabah,ia dapat melihat isi data nasabah bank. Hal itu menyusul diterbitkannya Perpu 1 Tahun 2017 tentang Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan.

Perpu tersebut berlaku sejak tanggal diundangkan, yakni 8 Mei 2017 dalam rangka mendukung pelaksanaan sistem pertukaran informasi Automatic Exchange of Information (AEoI) yang mulai diimplementasikan 2018.

“Perppu ini sudah menganulir pasal itu (kerahasiaan bank maupun data keuangan),” tegas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution saat berbincang dengan wartawan di kantornya, seperti ditulis Rabu (17/5/2017).

Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo menilai, kewenangan Ditjen Pajak yang besar untuk mengakses data rekening harus diimbangi dengan akuntabilitas.

“Itu untuk menjamin perlindungan data nasabah atau wajib pajak dari penyalahgunaan di luar kepentingan perpajakan,” ujar Yustinus, Jakarta, Senin (22/5/2017).

Yustinus menuturkan, perlu adanya jaminan perlindungan data nasabah atau wajib pajak dari penyalahgunaan kewenangan mengintip rekening.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengakui kewenangan Ditjen Pajak mengintip rekening rawan disalahgunakan. Oleh karena itu ia meminta adanya aturan main yang jelas untuk petugas pajak.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah menjanjikan akan membuat aturan ketat usai diterbitkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2017 tentang Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan.

Aturan itu akan dikeluarkan untuk menjawab kekhawatiran masyarakat akan adanya penyalahgunaan kewenangan akses informasi keuangan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak atau petugas pajak.

Ia juga memastikan, Ditjen Pajak belum akan melaksanakan kewenangan mengintip rekening sebab harus menunggu aturan turunan yang mengatur tata cara dan prosedur yang lebih rinci.