Cek Kelaikan Pesawat Jelang Mudik, Menhub: Bannya Gundul Nggak?

Seperti yang dilansir oleh detik.com, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau persiapan mudik lebaran di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten. Salah satu yang dicek yaitu kelaikan pesawat.

Pantauan detikcom, Budi didampingi oleh Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso tiba di Terminal 1B Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 10.00 WIB, Minggu (3/6/2018). Budi lalu persiapan sarana dan prasarana angkutan udara dengan Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan Kapolres Bandara Soetta AKBP Viktor Togi Tambunan terkait pengamanan jalur mudik.

“Kami ingin mempersiapkan angkutan lebaran ini, khusus Bandara Soetta jadi kita lihat periode sekarang terjadi pemindahan alinea di terminal 3, tinggal tersisa terminal 2D maskapai internasional, beberapa maskapai ke depan akan geser juga Pak ke terminal 2 batik dan citilink,” kata salah satu petugas Bandara saat memaparkan di posko terpadu, Suriawan.

“Khusus armada ada beberapa tambahan bus damri, ada tambahan cadangan damri khusus ke Bandara Soetta,” sambungnya.

Setelah itu, Budi langsung masuk ke dalam terminal 1B untuk melakukan cek kelaikan pesawat (ramp check). Pesawat yang dicek adalah pesawat Lion Air.

“Ini ban pesawatnya gundul nggak?,” tanya Budi ke salah satu petugas Lion Air.

“Nggak Pak, ini pesawat sudah siap pakai. Baru tiga tahun pesawatnya masih bagus,” jawab petugas tersebut.

Budi juga bertanya mengenai tentang mesin tersebut masih sering dilakukan pengecekan atau tidak. “Biasanya yang kamu lihat apa critical yang harus kamu cek itu apa saja?” tanya dia.

“Body, ban, argulator, oli saya cek juga, hidrolik juga,” ucap petugas tersebut.
Setelah bagian luar, Budi juga mengecek ke dalam pesawat yaitu di ruangan pilot. Dia berbincang dengan Kapten Doni selaku pilot pesawat Lion Air.

Dari Bandara Soetta, Budi dijadwalkan juga akan meninjau Terminal Pulo Gebang dan Stasiun Gambir terkait persiapan transportasi menjelang arus mudik lebaran.
(mam/yes)

Facebook Comments
torabika