Cegah Aksi Kriminal, Ketua RT Dan Warga Harus Bersinergi.

[BbsNews.Co.Id] Dini hari tadi, Kepala Unit (Kanit) Sabhara Polsek Batuceper Iptu Suharto S.sos bersama anggotanya menyambangi warga usai melaksanakan patroli dalam kota di wilayah Kecamatan Batuceper Kota Tangerang, Rabu (5/3).

Dalam kesempatan itu Iptu Suharto menghimbau, agar warga mampu menjadi Individu sebagai polisi bagi diri sendiri, dalam artian mampu menjaga dan melindungi diri masing-masing.

“Kami menyambangi Mushola Ainul Yakin sambil istirahat, kami bercengkrama dengan warga, dan kebetulan ada Ketua Rt 03 saudara Rusdi. Dalam kesempatan ini saya menyampaikan himbauan bahwa warga harus jadi Polisi buat diri sendiri, artinya, setiap individu dapat menjaga keamanan dan keselamatan bagi dirinya,” papar Iptu Suharto kepada Wartawan Online bbsnews.co.id

Selain itu dia juga mengatakan, bahwa setiap warga harus saling mengenal satu dengan yang lainnya, untuk Ketua Rt diharapkan mampu merangkul Pemuda-pemudi untuk menjaga lingkungan dengan bersinergi dalam mencegah para pelaku Kriminal.

“Biasanya mereka melakukan aksi di masjid atau mushola, jenis kendaraan yang menjadi targetnya adalah sepeda motor. Maka dari itu kami harap ketua Rt atau Rw dapat bersinergi dengan warga terutama pemuda-pemudi untuk mencegah aksi kriminal,” tuturnya.

Dia menambahkan, langkah awal agar terhindar dari tindak kriminal atau gangguan Kamtibmas adalah dengan menggiatkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) secara terpadu. Dengan harapan jika pelaku kriminal tertangkap tangan oleh warga, jangan sampai ada pengadilan jalanan (pukulan massa), sebaiknya serahkan kepada pihak kepolisian atau bisa menelpon ke Humas Polsek Batuceper.

“Giatkan Siskamling, agar terhindar dari tindak kriminal atau gangguan lain. Percayakan kepada Polri untuk menindaklanjuti, kami yang jemput bola, jangan main hakim sendiri, agar lingkungan aman dan kondusif,” tegasnya (Hel)