Bulan Ramadan, PMI Tetap Gelar Donor Darah Targetkan Menampung 18.000 Kantong Darah

Di bulan suci ramadan kali ini Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang menggelar donor darah di Mall Tangerang City (TangCity). Saat ini PMI Kota Tangerang menargetkan dapat menampung sebanyak 18.000 kantong darah dari berbagai golongan.

Meskipun memasuki bulan suci Ramadan PMI Kota Tangerang yang menggelar kegiatan donor darah ini banyak disinggahi masyarakat. Pasalnya meskipun sedang berpuasa masyarakat diminta tidak khawatir untuk bisa mendonorkan darah mereka.

Hal tersebut diungkapkan Wawan Fauzi, Sekretaris Umum PMI Kota Tangerang. Menurut Wawan kali ini pihaknya telah membuka stand untuk para pendonor tepatnya di Mall TangCity Tangerang.

“Kami buka di situ sejak awal Ramadan. Alhamdulillah banyak yang minat dan juga menyumbangkan darah mereka ke PMI Kota Tangerang. Karena mendonorkan darah di bulan puasa juga sama banyak manfaat dan kebaikannya,” katanya, akhir pekan lalu.

Menurut Wawan untuk menarik minat para pendonor sebelum meninggalkan Kota Tangerang dan kembali ke kampung halamannya pada hari raya nanti, PMI Kota Tangerang juga memberikan bingkisan serta pernak pernik khusus bagi pendonor yang menyumbangkan darahnya di bulan Ramadan.

“Kami ada gantungan khusus PMI. Terus juga mereka juga sama tetap mendapat bingkisan setelah mendonorkan darah mereka,” ungkapnya.

Bagi warga yang ingin mendonorkan darahnya, lanjut Wawan waktu yang paling tepat adalah menjelang berbuka puasa. Sebab menurutnya, tubuh tidak akan terasa lemas karena darah yang sudah keluar akan segera tergantikan dengan nutrisi baru.

“Harapan kami, meski bulan Ramadan, masyarakat bisa mendonorkan darah demi menolong orang lain. Pada hari pertama puasa kemarin hanya ada 15 pendonor, padahal biasanya setiap hari mencapai puluhan,” ujarnya. (mam/yes)

Facebook Comments
torabika