BPJS Ketenagakerjaan MoU Dengan Kejaksaan, Pengusaha diminta Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

0

Untuk mewujudkan Kota Tangerang sebagai Kota sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, maka dilakukan perpanjangan MoU dengan Kejaksaan Negeri Kota Tangerang dalam hal kerja sama bidang perdata dan tata usaha negara pada tanggal 10-11 Mei 2018 di Hotel Alana, Bogor.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh deputi direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Banten Teguh Purwanto, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tangerang Edyward Kaban,SH, MH., Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tangerang Cikokol, Batuceper dan Cimone dan Kasi Datun Kejaksaan Negeri Kota Tangerang Marolop Pandiangan.

Acara dimulai dengan sambutan Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Banten dimana mewakili oleh 3 Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Se Kota Tangerang, dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tangerang dengan Bapak Edyward Kaban.

Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Banten, Teguh Purwanto menyampaikan sangat perlu dilakukan kerjasama dengan Kejaksanaan Negeri Kota Tangerang untuk melindungi pekerja yang belum didaftarkan oleh perusahaan seputaran wilayah tangerang kota

Dengan adanya kerjasama dengan kejaksaan negeri kota tangerang diharapkan dapat memicu perusahaan-perusahaan yang tidak taat dalam melindungi tenaga kerjanya, Sesuai dengan Undang – Undang Republik Indonesia No 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial dan Undang – undang No 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial .
“Disebutkan dalam UU tersebut setiap pemberi kerja pada Badan Usaha Milik Negara, usaha besar, usaha menengah maupun usaha kecil wajib untuk melakukan pedaftaran kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan setiap tenaga kerjanya,”tambah Teguh Purwanto.

Sementara itu, Edyward Kaban Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tangerang menyebut, melalui kerjasama tersebut kejaksaan negeri kota Tangerang dapat lebih berperan aktif dalam hal mengawasi dan memanggil perusahaan yang belum mengikuti dan baru daftar sebagian program BPJS Ketenagakerjaan.

“Jika pada saat pemanggilan, perusahaan tidak hadir maka kejaksaan negeri kota tangerang akan melakukan sidak ke perusahaan sehingga akan masuk ke tahapan yang lebih serius,”tukasnya

Kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator dari BPJS ketenagakerjaan. Di akhir kegiatan dilakukan Penandatanganan MoU Kerjasama BPJS Ketenagakerjaan se-Kota Tangerang dengan Kejaksaan Negeri Kota Tangerang.(mam/yes)

Facebook Comments
torabika