Bowo Alpenliebe dkk Terancam Nggak Bisa Main Tik Tok, Kenapa?

0

Mayoritas media sosial mensyaratkan penggunanya sudah berusia di atas 13 tahun, Tik Tok sedikit berbeda. Aplikasi ini membatasi usia pengguna minimal 12 tahun.

Seperti yang dilansir oleh detik.com pada Kamis (05/07/18) Ini yang kemudian menjadi perhatian Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. Dia menilai batasan umur pengguna Tik Tok aneh dan meminta pihak pengelola menaikan batasannya.

“Kan, tadinya 12 tahun. Itu agak aneh juga, biasanya kan 13. Kami minta kepada mereka menaikkan batas umurnya,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara di Jakarta, Rabu (4/7/2018).

Pertemuan Menkominfo dan perwakilan aplikasi Tik Tok, Rabu sore (5/7/2018).Pertemuan Menkominfo dan perwakilan aplikasi Tik Tok, Rabu sore (5/7/2018). Foto: Grandyos Zafna

 

Gayung bersambut, permintaan Menkominfo itu langsung dikabulkan pihak Tik Tok. Mereka akan meningkatkan batas usia minimal penggunanya.

“Kita akan tingkatkan menjadi minimal 16 tahun,” kata SVP Corporate Strategy Bytendence Zhen Liu ditemui di kesempatan yang sama.

Apabila itu terealisasi, maka Bowo Alpenliebie yang masih berusia 13 tahun serta bintang Tik Tok lain yang seumuran atau di bawahnya, bisa terhenti menggunakan aplikasi berbagi video tersebut.

Untuk memastikan bahwa penggunanya telah berumur paling minim 16 tahun, Tik Tok akan menggunakan cara khusus untuk melakukan verifikasinya, yaitu memanfaatkan teknologi.

“Sebagai keamanan, kami juga menggunakan face recognition untuk identifikasi user,” pungkas Liu.

Seperti diketahui, lantaran aplikasinya diblokir Kominfo, para pengelola platform Tik Tok langsung terbang dari China untuk bertemu dengan Menkominfo dan Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan.

Pihak Tik Tok yang hadir terdiri dari SVP of Bytedance Zhen Liu, President Tik Tok Alex Zhu, SVP & CEO Tik Tok Nan Zhang, Head of Legal Tik Tok Yujie Chang, dan Head of Public Policy Tik Tok Jia He.

Kedua belah pihak melakukan pertemuan Rabu sore (4/7/2018) sekitar pukul 16.30 WIB dan selesai pukul sekitar 17.20 WIB.

Bowo Alpenliebe Terancam Nggak Bisa Main Tik Tok, Kenapa?Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Hasil pertemuan memastikan Kominfo dapat membukan kemabli akses Tik Tok. Asalkan aplikasi tersebut memenuhi syarat yang diajukan pemerintah Indonesia lewat komitmen tertulis untuk melihat keseriusan mereka.

Komitmen pertama, mereka diminta melakukan pembersihan konten-konten yang mengandung pornografi di dalam platform tersebut.

Kedua, Tik Tok diminta melakukan filterisasi agar kejadian serupa tidak terulang.

“Bagi kami, ketika melakukan dua komitmen tadi, kita langsung cek secepatnya,” ujar Rudiantara.

Apabila saat pengecekan tersebut ternyata Tik Tok telah menjalankan komitmen yang dipersyaratkan Kominfo, bukan tidak mungkin aplikasi yang tengah digandrungi remaja di Indonesia ini bisa diakses lagi oleh masyarakat.

“Mereka bilang akan bersihkan, ya silakan. Kalau sudah bersih, nanti kita review. Kalau itu sudah beres, mau subuh, mau besok pagi, kalau kedua-dua (komitmen) itu selesai, kita buka,” sebutnya.

(mam/yes)

Facebook Comments
torabika