Bolivia Akan Bangun Museum Bawah Air di Danau Keramat

0

Museum di darat sudah biasa, tapi bagaimana kalau di bawah air? Bukan hanya di bawah air, Bolivia akan membangun museum di bawah danau keramat.

Di kalangan masyarakat Bolivia, Danau Titicaca yang terletak di perbatasan dengan Peru dianggap keramat. Selain itu, Titicaca juga merupakan danau terbesar di Amerika Latin.

Seperti yang dilansir oleh detik.com pada Senin (08/07/18) Namun, belum lama sempat ada wacana menarik dari Menteri Kebudayaan Bolivia, Wilma Alanoca. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Senin (9/7/2018), Wilma berencana untuk membuat museum bawah air di dasar Danau Titicaca seperti diberitakan media Phys.Org.

“Itu akan menjadi komplek wisata dan pusat arkeologi, geologi dan penelitian biologi yang akan menjadi satu-satunya di dunia,” ujar Wilma.

Diketahui, wacana itu timbul setelah sempat ditemukan ribuan artefak tak ternilai yang ditemukan di dasar Danau Titicaca.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, Danau Titicaca dianggap keramat karena dipercaya sebagai tempat munculnya anak Dewa Matahari yang bernama Manco Capac.

Dalam mitologi Suku Inka, Manco Capac dipercaya sebagai sosok yang telah membangun kota emas Cusco antara abad ke-13 dan 16 silam.

Rencananya museum itu akan dibangun dengan dana sekitar USD 10 juta atau sekitar Rp 143 miliar seperti diberitakan media CGTN.

Selain dari pihak Pemerintah Bolivia, Pemerintah Belgia dan UNESCO juga akan ikut memberikan sumbangan sekitar USD 2 juta untuk pembangunan museum tersebut. Bakal seperti apa ya jadinya?

(mam/yes)

Facebook Comments
torabika