Beri Pelayanan Hukum, Kejaksaan MoU Dengan Kepala SMKN/ SMAN Se-Kota Tangerang

Penandatangan MoU antara kepala kejaksaan negeri tangerang dengan kepala SMAN/SMKN Se-Kota Tangerang

Kejaksaan negeri kota tangerang melakukan penandatangan Mou dengan seluruh kepala SMKN dan SMAN se-kota Tangerang di Hotel Olive senin (21/5) malam.

Perjanjian tersebut terkait dengan fungsi kejaksaan negeri kota tangerang sekaligus memberikan sosialisasi tentang Peran jaksa yang tak hanya sebagai Jaksa Penuntut Umum dalam perkara pidana umum ataupun pidana korupsi, akan tetapi jaksa juga memiliki peran sebagai Jaksa Pengacara Negara.

Marolop Pandiangan, SH MM Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (DATUN) pada Kejaksaan negeri tangerang

Marolop Pandiangan, SH MM Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (DATUN) pada Kejaksaan negeri tangerang menjelaskan, jaksa pengacara negara itu bisa memberikan bantuan hukum,pertimbangan hukum, pelayanan hukum kepada instansi instansi pemerintah, BUMD dan Sekolah.

Menurutnya penandatangan MoU dengan para kepala sekolah tersebut lantaran pihak sekolah juga memiliki peranan yang sangat Krusial dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat.

“selain mengelola administrasi pendikan, mereka juga melakukan pengelolaan – pengelolaan yang berkaitan dengan keuangan,”ucapnya.

Dalam melakukan proses pengelolaan tersebut, lanjut marolop, tentu saja bisa timbul persoalan ataupun permasahalan yang berkaitan dengan perdata tata usaha negara jika pihak sekolah tidak mengetahui secara pasti landasan hukum dan undang undang yang mengatur hal tersebut.

“Suatu saat mereka ada permasalahan tata usaha negara dengan pihak lain, pihak sekolah bisa menggunakan pengacara jaksa negara pada kejaksaan negeri tangerang untuk menyelesaikan masalah tersebut baik didalam persidangan maupun diluar persidangan,”jelasnya.

Marolop menyebut, dengan penandatangan MoU tersebut, kejaksaan negeri tangerang juga dapat lebih leluasa memberikan pendampingan kepada sekolah dalam melakukan proses pengelolaan sehingga dapat terhidar dari masalah.

“contohnya kemarin itu mereka kesulitan karena ada kegiatan kegiatan yang harus dibiayai dan mereka meminta pendapat kepada kami apakah ini menyalahi aturan atau tidak,”jelasnya.

Sementara itu, Endah Resmiati Kepala SMKN 3 Kota Tangerang menyambut baik penandatangan MoU tersebut lantaran hal tersebut dinilainya dapat menjawab segala keresahan yang selama ini dialami oleh pihak sekolah.

“Mou itu sangat penting sekali karna langkah kita tidak terlepas dari peraturan – peraturan yang melekat pada hukum dan kita bukan ahli hukum,”kata Kepala sekolah yang kerap tampil nyentrik tersebut.

Menurutnya, dengan penandatangan tersebut ia berharap dapat lebih maksimal dalam memberikan pelayanan dan fokus dalam meningkatkan kualitas pendidikan disekolahnya tersebut.

“dengan adanya kerjasama dengan kejaksaan negeri kota tangerang kami jadi lebih mengerti dan memahami, jika ada keraguan dalam mengambil suatu kebijakan kita pastinya akan langsung berkoordinasi dengan mereka agar tidak menyalahi aturan,”paparnya. (mam/yes)

Facebook Comments
torabika