Barcelona Cetak Rekor, Habiskan Rp 9 Triliun untuk Bayar Staf

0
8
Barcelona mengeluarkan uang mencapai 562 juta euro untuk membayar stafnya. (Foto: David Ramos/Getty Images)

Bbsnews – Barcelona menjadi tim yang paling banyak mengeluarkan dana untuk membayar stafnya. Pengeluaran Blaugrana mencapai Rp 9 triliun.

Data itu dilansir KPMG, sebuah lembaga keuangan internasional. Studi lembaga yang bermarkas di Amsterdam, Belanda, itu menganalisis keuangan masing-masing juara dari delapan liga teratas di Eropa.

Hasilnya, Barcelona menjadi tim yang paling besar mengeluarkan dana untuk stafnya. Barcelona menghabiskan uang sebesar 562 juta euro per tahun atau mencapai sekitar Rp 9 triliun. Itu menjadi sebuah rekor untuk pengeluaran tim sepakbola.

Uang sebanyak itu dipengaruhi banyak faktor. Di antaranya adalah pembelian perekrutan Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund pada musim panas 2017 seharga 105 juta euro, kontrak baru beberapa pemain termasuk Lionel Messi, hingga pembelian Philippe Coutinho dari Liverpool seharga 160 juta euro.

Di tempat kedua ada Paris Sain German. Juara Ligue 1 Prancis itu mengelarkan uang sebesar 332 juta euro untuk stafnya. Sementara Bayern Munich sebagai juara Bundesliga, berada di urutan ketiga dengan pengeluaran mencapai 303 juta euro, disusul kampiun Liga Inggris Manchester City 293 juta euro dan Juventus sebagai juara Liga Italia dengan 259 juta euro.

Sisanya, ada juara Liga Portugal FC Porto (85 juta euro), juara Liga Turki Galatasaray (81 juta euro) dan terakhir juara Liga Belanda PSV Eindhoven dengan pengeluaran 35 juta euro.

(RED/DETIK)

Facebook Comments
torabika