Bappeda Cilegon Masih Kaji Usulan Bankeu 2018

0

CILEGON – Bappeda Kota Cilegon masih mematangkan usulan-usulan dari organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Cilegon. Usulan-usulan itu akan disaring untuk kemudian diajukan dalam bentuk permohonan bantuan keuangan (bankeu) 2018 kepada Pemprov Banten.

Kepala Bappeda Kota Cilegon,  Ratu Ati Marliati mengatakan, permohonan bankeu ke pemprov Banten akan diajukan oleh pihaknya setelah merampungkan semua usulan atau permohonan dari masing-masing OPD.  Namun sebelum mengusulkan, pihaknya perlu mempertimbangkan permohonan tersebut dapat terlebih dahulu disokong lewat APBD Kota Cilegon.

“Kalau permohonan pasti (diusulkan, red),  kita memohon itu sesuatu yang sesuai kebutuhan kita. Tetapi itu tidak juga murni APBD provinsi dapat memenuhi semuanya. Makanya kita akan berhitung,  mana yang bisa lewat APBD provinsi dan mana yang APBD kita, ” ungkap Ratu Ati,  Selasa (14/11/2017).
Agar usulan permohonan bankeu dapat diakomodir,  kata Ati,  pihaknya juga meminta agar OPD dapat melakukan koordinasi dengan OPD teknis di Pemprov Banten. Hal itu diminta agar usulan yang dimohonkan dapat sinkron dengan usulan pihaknya ketika mengajukan ke Bappeda Banten.

“Langkah kita berkoordinasi dengan OPD masing-masing.  Nanti total itu yang kita jumlah,  dan dibawa kesana. Jadi Bappeda  tidak bisa membuat sendiri,  tetapi usulan itu kita tampung di bapedda dan itu yang kita diusulkan,” paparnya.

Terkait dengan rencana pemprov Banten yang akan memangkas bankeu menjadi hanya sebesar Rp30 miliar kepada Pemkot Cilegon, kata Ati, informasi tersebut baru diketahui pihaknya dari media dan belum menerima informasi secara langsung dari Bappeda. Namun bila menganalisa sejumlah usulan bankeu dari beberapa OPD,  nilai bankeu itu hanya dapat mengakomodir lanjutan pembangunan sport center.

“Memang kita usulkan ketika merangkum semuanya,  tetapi kita kembali lagi pada kemampuan APBD provinsi.  Biasanya ada diskusi khusus, antara OPD teknis provinsi dengan OPD Kita. Disitulah baru keluar berapa alokasi yang diberikan.  Kalau semua,  mengusulkan ada.  Tetapi untuk bakeu hanya di sport center. Itu usulan dari dinas terkait,” terangnya.(CON/TBI)

Facebook Comments
torabika