Asosiasi Kontraktor Gugat ULP

Tuding Lakukan Konspirasi Lelang Proyek

LEBAK
Dewan Pimpinan Kabupaten Asosiasi Kontraktor Kontruksi Seluruh Indonesia (DPK AKSI) Kabupaten Lebak telah melayangkan surat gugatan kepada Pengadilan Negeri Rangkasbitung terkait 23 paket yang dilelangkan oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP) setempat yang dinilai cacat hukum.

Ketua Aksi Lebak, Rizal Muganegara mengatakan, ULP dan atau panitia pengadaan lelang dan jasa diduga telah melakukan konspirasi tentang lelang elektronik yakni terhadap 23 paket lelang pekerjaan jalan yang nilai anggarannya mencapai Rp Rp31 milyar.

“Berkas gugatannya telah kami berikan ke PN Rangkasbitung dan telah diterima, kami juga akan melayangkan surat Ke KPK agar gugatan yang kami layangkan ini menjadi perhatian,” kata Rizal, kepada awak media, Rabu (28/3).

Rizal mengungkapkan, sedikitnya ada tiga kesalahan fatal yang dilakukan panitia lelang yakni panitia lelang menayangkan atau mengaploud dokumen spesifikasi tekhnis yang terlalu umum dan tidak spesifik. Panitia juga tidak memilah dan memilih spesifikasi tekhnis sesuai standar yang telah ditetapkan perpres dan permen PUPR. Yaitu dengan menerbitkan spesifikasi tekhnis sebanyak 569 halaman.

“Seharusnya cukup 90 halaman saja, seperti yang diterbitkan ULP di kabupaten atau kota lainnnya di Banten seperti Serang untuk jenis lelang pekerjaan yang sama,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Rizal, panitia juga tidak menerbitkan atau menayangkan FORMAT PRA RK3K, yakni format keselamatan kerja yang seharusnya wajib diisi dan dilampirkan oleh para penyedia jasa dalam menyampaikan dokumen penawaran. Sedangkan ditempat lain, seperti UKL Kabupaten Serang mereka menayangkan atau menerbitkan. Selain itu,
Panitia lelang juga menebitkan atau menayangkan dokumen lain yang belum disahkan, yaitu Gambar Tekhnis yang belum ditandatangani oleh pejabat yang berwenang.

“Inilah kesalahan yang paling fatal dimana gambar tekhnis tersebut merupakan pedoman atau acuan dalam pelaksanaan pekerjaan,” tandas Rizal.

Hingga berita diturunkan, belum ada konfirmasi dari pihak ULP Kabupaten Lebak terkait gugatan yang dilayangkan Dewan Pimpinan Kabupaten Asosiasi Kontraktor Kontruksi Seluruh Indonesia (DPK AKSI) Kabupaten Lebak tersebut. (pedi)

Facebook Comments
torabika