Andaikan Pasar Pabukoan di Bancah Laweh

oleh

[BbsNews.Co.Id] Memasuki bulan suci Ramadhan 1438 : ini, salah seorang tokoh masyarakat Padang Panjang, Zulkifli, memberikan masukan kepada pemerintah setempat, untuk memanfaatkan lapangan Bancah Laweh, Tanah Hitam, sebagai pasar pabukoan.

Menurut Zulkifli, yang berdomisili di Kelurahan Tanah Hitam, dia sengaja memunculkan ide ini setelah menerima banyak masukan dari beberapa kawan dan berbagai kalangan.

“Bapak/ibu terima kasih atas tanggapan, saran dan masukannya dari berbagai hal, namun secara umum prinsipnya sangat mendukung. Hal ini sengaja dimunculkan untuk memberikan masukan pada Pemerintah kota dalam menyiapkan lokasi/tempat jualan pabukoan pada bulan puasa tahun ini,” tulis Zulkifli di sebuah group WA yang diikutinya, Ahad, (7/5).

Dia juga menyebutkan, pengalaman tahun lalu tempat jualan pabukoan yang disediakan Pemko bersama BRI Cabang Padang Panjang di lapangan Anas Karim tidak efektif karena berbagai hal.

Disamping itu, sebutnya, juga masih ada pedagang yang berjualan dengan kendaraan di depan BRI yang berakibat terganggunya kelancaran lalu lintas dan terpaksa ditertibkan oleh petugas.

Ditambahkan, beberapa tahun terakhir di lapangan Bancah Laweh, cukup banyak masyarakat yang melakukan ngabuburit sambil menyaksikan latihan balapan motor dan kegiatan lainnya sambil menunggu masuknya waktu berbuka puasa.

“Beberapa daerah lain yang menyediakan tempat jualan pabukoan khususnya dibulan puasa juga ramai dikunjungi, walapun tempatnya jauh namun sesuatu yang lebih menarik dan membuat orang lain ingin tahu lebih dekat dan bisa menikmati,” jelasnya.

Dia berharap, kalau saja kegiatan ini didukung oleh Dinas Perpustakan dan Kearsipan menyediakan Mobil Perpustakaan Keliling bagi penggemar baca inshaa Allah akan lebih ramai.

“Mudah mudahan dari tanggapan, saran dan masukan yang kita berikan bersama menjadi bahan pertimbangan oleh Pemko dalam menyediakan tempat jualan pabukoan/takjil di depan GOR Bulutangkis Bancahlaweh pada tahun ini yang tinggal beberapa minggu lagi,” harapnya.

Sementara Walikota Padang Panjang, H. Hendri Arnis, melalui juru bicara Pemko, Ampera Salim, menyambut baik usulan Zulkifli. “Untuk realisasinya, tentu kita akan mengkaji dulu, bersama dinas instansi terkait,” sebutnya. (pdng)