‘Alien’ hingga ‘Blade Runner’, Deretan Film Sci-fi Terbaik

0

Sci-Fi, science fiction alias fiksi ilmiah adalah salah satu genre film yang digemari. Sci-Fi sendiri adalah genre berbasis sains spekulatif dan fiksi, seperti mahluk luar angkasa, dunia asing dan perjalanan waktu. Sci-Fi biasanya berjalan seiringan dengan elemen futuristik seperti robot, cyborg, senjata biologis super canggih dan teknologi lainnya.

Seperti yang dilansir oleh detik.com pada Jumat (29/06/18) Ada ratusan judul film bergenre Sci-Fi, seperti ‘E.T. the extra-Terrestrial’, ‘The Matrix’ ‘Ready Player One’ dan ‘Star Wars’ saga. Nah, berikut ini adalah sederet film-film bergenre Sci-Fi terbaik yang mungkin belum pernah kamu tonton.

‘Solaris’ – 1971

'Alien' hingga 'Blade Runner', Deretan Film Sci-fi Terbaik Foto: (metropolis/imdb)

 

‘Solaris’ adalah film yang disutradarai oleh Andrei Tarkovsky. Film tersebut diadaptasi dari novel fiksi ilmiah filosifis karya Stanislaw Lem.

‘Solaris’ berkisah tentang seorang psikolog bernama Kris Kelvin. Kris berpergian ke stasiun ruang angkasa Solaris untuk menyelidiki fenomena aneh yang menimpa awaknya. Ketika Kris mulai mengalami gejala yang sama, dia terjatuh ke dalam jurang gelap jauh dari kesadarannya.

Tarkovsky berhasil menggarap film yang mampu memberi hipnotis. Menarik penonton jauh kedalam petualangan enigmatik. Dari ruang angkasa, ‘Solaris’ sukses merengkuh eksplorasi jati diri.

‘Alien’ – 1979

'Alien' hingga 'Blade Runner', Deretan Film Sci-fi Terbaik Foto: (metropolis/imdb)

‘Alien’ adalah salah satu masterpiece di dunia perfilman. Film yang digarap oleh sutradara Ridley Scott ini bekerja sama dengan sinematografi Derek Vanlint sukses menyuguhkan sci-fi dengan nuansa yang gelap.

‘Alien’ sendiri bercerita tentang sekelompok awak pesawat ruang angkasa yang menemukan peringatan SOS dari planet yang jauh. Ketika melakukan pendaratan di bulan, para awak menemukan bahwa salah satu awak kapal diserang oleh makhluk misterius yang baru saja memulai siklus hidupnya.

‘Blade Runner’ – 1982

'Alien' hingga 'Blade Runner', Deretan Film Sci-fi Terbaik Foto: (metropolis/imdb)

Kebanyakan sutradara yang telah menggarap dilm fiksi ilmiah cenderung memilih sesuatu yang sedikit lebih membumi untuk projek selanjutnya. Namun, sutradara Ridley Scott kembali meluncur dengan sesuatu yang lebih padat.

‘Blade Runner’ merupakan film yang diadaptasi dari novel Philip K Dick ; ‘Do Androids Dream of Electric Sheep?’. ‘Blade Runner’ sendiri bersetting ditahun 2019 dimana Tyrell Corporatiom menciptakan manusia-android yang disebut Replicant. Manusia-android yang mempu berubah bentuk serupa dengan manusia itu digunakan untuk pekerjaan berat di Off-Worls Colonnies dan mereka dilarang keras memasuki bumi.

Ketika empat Replicant berhasil memasuki bumi, salah satu Blade Runner ditugaskan untuk membunuh para Replicant tersebut.

‘Metropolis’ – 1927

'Alien' hingga 'Blade Runner', Deretan Film Sci-fi Terbaik Foto: (metropolis/imdb)

Disutradarai oleh Fritz Lang, ‘Metropolis’ merupakan film yang disebut-sebut sangat berpengaruh pada dunia perfilman science-fiction. Terutama setting futuristik yang ditampilkan. Selain itu, ‘Metropolis’ merupakan film dengan cakupan pada kekuatan dan pesan yang luar biasa. Bahkan melebihi standar pembuatan film saat ini.

‘Metropolis’ adalah film yang bercerita tentang kota futuristik dimana kelas buruh dan para perencana kota dibagi ketat. Namun, putra dalang kota jatuh cinta pada seorang tukang ramal kelas pekerja. Peramal tersebut meramalkan tentang kedatangan seorang penyelamat yang akan menengahi perbedaan mereka.

‘2001: A Space Odyssey’ – 1968

'Alien' hingga 'Blade Runner', Deretan Film Sci-fi Terbaik Foto: (metropolis/imdb)

‘2001: Space Odyssey’, satu lagi film yang berpengaruh besar bagi genre Science-Fiction di duna perfilman. Selain berpengaruh, film yang disutradarai oleh Stanley Kubrick ini juga kontroversial. Bagaikan sebuah enigma yang dipebuhi teka-teki, film tersebut kerap disebut hanya murni berisi seni karena absurd dan surealis.

‘2001: A Space Odyssey’ sendiri merupakan cerita filosofis kehidupan manusia yang dibagi menjadi empat babak meliputi manusia purba hingga perjalanan misi menuju luar angkasa.

(mam/yes)

Facebook Comments
torabika