Ada Jonas Folger di Balik Aksi Rossi di Sachsenring

Dikutip dari detik.com (16/07/18) Sambil bercanda, Valentino Rossi menyebut trofi yang ia dapatkan di MotoGP Jerman sebaiknya diberikan kepada Jonas Folger. Rossi merasa Folger sudah banyak membantunya.

Rossi finis di posisi kedua dalam balapan Moto GP German di Sachsenring, Minggu (15/7/2018), di belakang Marc Marquez yang menjadi pemenang. Ini merupakan hasil terbaik yang didapatkan oleh pebalap Movistar Yamaha itu dalam sembilan seri yang sudah digelar musim ini.

Seusai balapan, Rossi mengatakan bahwa hasil yang ia dapatkan di Sachsenring tak lepas dari “bantuan” Folger. Folger adalah mantan pebalap Tech3 Yamaha yang musim lalu finis kedua di MotoGP Jerman.

Folger, yang musim ini absen dari MotoGP karena sakit, mengalahkan dua pebalap pabrikan Yamaha di Sachsenring pada musim lalu. Ia bahkan sempat memimpin lomba beberapa lap sebelum akhirnya dilewati Marquez.

Oleh karena itulah, sebelum membalap di Sachsenring, Rossi mempelajari semua aksi Folger di sirkuit tersebut pada musim lalu. Dengan demikian, ia tahu bagaimana memaksimalkan motor M1.

“Bagi saya, balapannya Folger musim lalu sangat penting. Pertama-tama, secara mental, karena saya ingat tiba di sini tahun lalu dan tak nyaman dengan motor, saya tak cukup tangguh,” ucap Rossi di Autosport.

“Tapi, Folger tahun lalu tak tahu bahwa itu adalah trek sulit untuk Yamaha dan dia tampil luar biasa dalam balapan, di levelnya Marc, jadi dia ada di dalam pertarungan memperebutkan kemenangan,” tambahnya.

“Jadi, saya mempelajari segalanya dari balapannya Folger, semua lintasan balapnya, cara dia menunggangi motornya, cara dia menyetel motornya,” kata Rossi.

“Saya pikir itu bantuan bagus buat saya, balapannya Folger tahun lalu. Jadi, saya harus memberinya trofi,” ujarnya sambil bercanda.

Dengan finis kedua di MotoGP Jerman, Rossi masih menempati peringkat kedua di klasemen pebalap MotoGP dengan 119 poin. Ia tertinggal 46 poin di belakang Marquez.

(mam/yes)

Facebook Comments
torabika