Ada Dermaga Khusus Motor untuk Pemudik di Merak-Bakauheni

Menurut detik.com yang dilansir pada Selasa (05/06/18), PT ASDP Indonesia Ferry menyiapkan dermaga khusus di Pelabuhan Merak, Banten, dan Bakauheni, Lampung, bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor. Dermaga tersebut mampu menampung 2.000 motor dalam satu kali angkut.

“Di Merak, satu dermaga kami khususkan untuk motor, yang sekali angkut bisa 2.000 motor. (Dermaga yang digunakan khusus untuk motor adalah) Dermaga 6 di Merak dan Bakauheni,” kata Dirut PR ASDP Indonesia Ferry, Dira Puspa Dewi, saat memaparkan progres persiapan mudik di Kantor Staf Presiden (KSP), Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (5/6/2018).

Dira memprediksi penumpukan volume kendaraan, khususnya sepeda motor, akan terjadi pada H-2 Lebaran 2018. Ia menuturkan penumpukan tersebut dapat terjadi dalam jangka waktu 6-8 jam.
“Yang paling¬†critical, waktu 6 sampai 8 jam di hari minus 2. Ada penumpukan motor dalam waktu 6 sampai 8 jam itu,” ungkapnya.

Dira melanjutkan jumlah kapal yang akan dioperasikan saat arus mudik sebanyak 217 unit. Sejumlah kapal tersebut, dikatakan Dira, saat ini sudah dalam keadaan siap beroperasi.

“Jumlah kapal yang akan dioperasikan (sebanyak) 217 kapal dalam keadaan siap untuk beroperasi. Semacam angkot, kalau sudah penuh langsung berangkat,” ujar Dira.


Masih soal penambahan jumlah kapal, Dira mengatakan pihak ASDP akan mengoperasikan kapal besar di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk sebagai pelabuhan yang juga menjadi salah satu pantauan nasional terbesar. Pengoperasian kapal besar tersebut pun telah mendapat persetujuan dari pihak Kemenhub.

“Ada tujuh lintasan yang jadi pantauan nasional, yang paling besar (Pelabuhan) Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk. Di Ketapang-Gilimanuk, karena kapalnya kecil, atas izin Kemenhub kami akan operasikan kapal besar,” tutupnya.
(mam/yes)

Facebook Comments
torabika