5000 Sertifikat Tanah Warga Kabupaten Tangerang di Bagikan

0

Bbsnews, Kabupaten Tangerang – Sebanyak 5000 sertifikat tanah dibagikan Presiden Joko Widodo kepada warga Kabupaten Tangerang, Senin (18/2/2019) di Lapangan Maulana Yudha, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Dalam sambutannya, Joko Widodo mengatakan, pada tahun 2015, ada 126 juta bidang lahan di Indonesia. Namun, baru 46 juta bidang lahan yang bersertifikat. “Artinya masih 80 juta kurangnya. Dulu-dulu produksi sertifikat tiap tahun hanya 500.000, artinya apa? Bapak-ibu harus menunggu 160 tahun kalau mau dapat sertifikat. Mau? Itulah mengapa sekarang prosesnya dipercepat, dipermudah,” ujar Joko Widodo.

Dirinya pun meminta warga untuk menjaga dengan baik sertifikat tanah yang sudah diterimanya.

“Kalau sudah pegang biasanya pengin disekolahkan. Benar nggak? Ngaku saja. Banyak yang ingin, silakan enggak apa-apa. Dipakai untuk jaminan ke bank, untuk agunan. Tapi sebelum pinjam ke bank, dihitung dulu, jangan sampai malah menyusahkan,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, Presiden juga memberikan pilihan jika dikemudian hari masyarakat ingin mengagunkan sertifikat, maka harus dikalkulasi kembali, dihitung masak-masak, agar tidak rugi di kemudian waktu.

“Biasanya kalau udah pegang sertifikat, pengen diagunkan. Ngga apa-apa, tapi harus dikalkulasi dulu. Bisa bayarnya ngga nanti. Jangan sampai, nanti sertifikat diagunkan untuk beli motor atau mobil, ngga bisa bayar cicilan, mobil/motor ditarik, sertifikat hilang,” tandasnya.

Tahun 2019, pemerintah menargetkan 9 juta sertifikat hak atas tanah untuk masyarakat. Presiden menjelaskan, pemberian sertifikat di tahun 2017 yaitu sebanyak 5,4 juta, melampaui target yang diberikan sebanyak 5 juta. Dan menargetkan, sertifikat tanah di Kabupaten Tangerang sudah diberikan seluruhnya pada tahun 2023. (Yos/tim)

49 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Facebook Comments