5 Kelebihan Oatmeal Dibanding Menu Sarapan Lain

0

Oatmeal mungkin tidak sepopuler menu sarapan lain seperti bubur ayam. Rasanya yang hambar dan perlu dimasak dengan pendamping makanan lainnya seperti susu dan buah-buahan membuat menu yang satu ini bukan menjadi pilihan.

Dikutip dari detik.com (30/07/18) Tetapi di balik semua kekurangan oatmeal tersebut, menu makanan yang satu ini memiliki manfaat yang luar biasa sehat untuk tubuh. Seseorang yang rutin mengonsumsi oatmeal bisa mencegah penyakit seperti serangan jantung dan kanker.

Dikutip dari Everyday Health, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kamu harus mengonsumsi oatmeal setiap hari:

1. Menurunkan tingkat kolesterol
Oatmeal mengandung serat pangan tinggi yang baik menurunkan tingkat kolesterol dan menjaga tingkat gula darah seseorang yang memiliki pola makan tidak teratur.

American Dietetic Association memberikan anjuran untuk mengonsumsi sekitar 25 sampai 35 gram serat pangan setiap hari, baik serat pangan larut maupun yang tak larut. Kedua jenis serat pangan tersebut ada di dalam kandungan oatmeal.

2. Sarapan yang seimbang
Satu cangkir oatmeal yang telah dimasak mengandung sekitar 150 kalori, 4 gram serat yang terdiri dari serat larut dan tak larut dan 6 gram protein.

Untuk menambah kandungan protein, memasak oatmeal bisa ditambahkan dengan kacang almond. Hal ini bisa mencegah kamu ngemil makanan yang kurang sehat di pagi hari.

3. Sumber mineral yang penting
Oatmeal juga mengandung nutrisi mineral tinggi seperti magnesium, seng, tiamina, selenium dan zat besi yang baik untuk tubuh.

Beberapa dari mineral tersebut memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan metabolisme dan memperkuat tulang agar tidak mudah keropos.

4. Membantu menjaga berat badan
Mengonsumsi oatmeal bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama sehingga porsi makanan bisa diatur dengan baik. Menurut penelitian dari Journal of the American College of Nutrition peserta yang makan oatmeal mengalami rasa kenyang lebih lama.

Lebih jauhnya, para peserta mengalami penurunan nafsu makan dan rasa lapar yang lumayan signifikan dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi sereal.

5. Mengurangi risiko kanker
Oatmeal bisa mengurangi risiko kanker karena memiliki kandungan bernama lignan yang bisa menekan pertumbuhan sel kanker.

Lignan adalah kandungan layaknya serat yang mempunyai kegunaan seperti antioksidan, seperti yang kita ketahui antioksidan merupakan zat yang bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh manusia.

(mam/yes)

Facebook Comments
torabika