17 Jenis Makanan Di Pasar Bedug Baturaja Kandung Formalin dan Boraks.

[BbsNews.Co.Id] Hati-hati bila ingin membeli makanan untuk berbuka puasa di Pasar Bedug Baturaja. Setelah resmi dibuka Bupati OKU Drs Kuryana Azis lebih sepekan lalu, ternyata sample makanan yang dijual pedagang mengandung zat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Ini diketahui setelah Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan  (BBPOM) Sumsel melakukan pengecekan sample sejumlah makanan dijual pedagang, Rabu (14/6).

Setidaknya dari hasil uji sample di tempat petugas BBPOM, ditemukan 15 jenis makanan mengandung formalin dan dua jenis makanan mengandung boraks.

Petugas BBPOM Sumsel sendiri turun ke Pasar Bedug berlokasi di Taman Kota itu, didampingi Disperindag OKU. Kepala Layanan Informasi Konsumen BPOM Gustini SKM melakukan uji smple satu persatu dagangan di Pasar Bedug Baturaja.

Ada 22 sample makanan yang dites kadar kandungan zatnya. Mulai dari mie kuning kiloan yang sering dibuat rujak mie sampai tahu.

“Mie kiloan ini dipastikan 90 suspect mengandung formalin dan boraks, para pembuat mie ini menggunakan formalin dan boraks biasanya agar mie yang dijual tahan lama, para pembeli juga biasanya hanya memikirkan harga yang murah, jadi tidak teliti lagi dalam berbelanja,” terang Gustini.

Kemudian, petugas juga mengecek tahu di dalam mobil lab mini yang memang sengaja dibawa dari Palembang. Hasilnya, tahu yang diperiksa mengandung formalin.

Karena positif mengandung zat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia, petugas pun menyita 17 jenis makanan yang mereka periksa melalui uji lab. Namun penjual atau pedagangnya tidak dikenai sanksi melainkan hanya ditegur dan dibina ditempat.

“Pedagang tidak tahu. Makanya dengan alasan itu kita hanya menegur dan memberi pengarahan saja. Namun bila kedepan mereka masih mengulangi maka akan diserahkan ke proses hukum,” tegasnya. (Ds)